Frequently Asked Question

Bagaimana menangani Serangan Malware (Malicious Software)?
Last Updated 2 years ago

Malware, atau Malicious Software, merupakan suatu definisi yang diberikan untuk setiap program atau file atau kode yang dapat membahayakan suatu sistem. Malware berusaha menyerang, merusak, atau menonaktifkan komputer, sistem komputer, jaringan, tablet, dan perangkat seluler, sering kali dengan mengambil sebagian kendali atas operasi perangkat.

Malware menjadi salah satu ancaman yang paling besar dalam insiden keamanan informasi. Berdasarkan riset dari Verizon Data Breach Investiogation Report 2017, aktivitas insiden yang melibatkan malware menduduki peringkat kedua. Pada riset tersebut juga menyebutkan bahwa aktivitas insiden malware menyebabkan kehilangan data dan kerugian finansial yang cukup signifikan.

Malware modern saat ini kebanyakan bukan bertujuan untuk merusak, namun lebih ke arah pencurian data sensitif. Adapun malware yang menyebabkan kerusakan dan kehilangan data biasanya berupa ransomware, yang mengancam user yang menjadi korban untuk membayar sejumlah tebusan jika tidak ingin datanya hilang.

Oleh karena itu, CSIRT sektor Pemerintah Indonesia memberikan panduan tentang bagaimana cara menangani insiden serangan Malware seperti bagaimana terlampir.

Please Wait!

Please wait... it will take a second!