Frequently Asked Question

Bagaimana Cara Cancel atau Delete Print Job yang Stuck?
Last Updated 2 years ago

Terkadang ketika ingin print dokumen, sering terjadi dokumen tersebut stuck di antrian printer, sehingga menghalangi dokumen lainnya yang mau diprint. Berikut adalah cara untuk memperbaikinya.

1. Clear dan Restart Print Spooler dari Services

Untuk menghapus dan restart Print spooler, pertama-tama kamu harus menghentikan Print Spooler Service. Klik Start, ketik “Service,” dan klik Services app.

image

Di panel kanan, double click “Print Spooler” untuk membuka window propertinya.

image

Pada tab “General”, klik tombol “Stop”. Kamu akan merestart service nanti, jadi biarkan window ini terbuka.

image

Buka File Explorer dan browse ke lokasi berikut ini, atau kamu juga bisa langsung copy dan paste teks ini ke address bar File Explorer dan tekan Enter:

%windir%\System32\spool\PRINTERS

Kamu akan diminta untuk memberikan izin akses ke folder ini. Klik “continue”.

image

Hapus isi seluruh folder dengan menekan Ctrl + A kemudian tombol Delete.

image

Sekarang, kembali ke window properti Service app yang tadi kamu buka dan klik “Start” untuk memulai kembali layanan Print Spooler. Klik “OK” untuk menutup window properti dan kamu sudah boleh keluar dari Service app.

image



2. Clear dan Restart Print Spooler dari CMD
Klik tombol windows pada keyboard, kemudian pada search box ketik 'cmd' atau 'command prompt'. Kemudian klik kanan kan klik "Run as Administrator"

image

Jika muncul popup jendela untuk meminta izin akses, klik "Yes".

Selanjutnya ketik "net stop spooler" pada command prompt dan klik enter.

image

Jika sudah muncul tulisan "The Print Spooler service was stopped successfully", selanjutnya ketik "net start spooler" dan klik enter.

image

Setelah muncul tulisan "The Print Spooler service was started successfully", silahkan restart laptop dan printernya dan printer sudah siap digunakan

Setelah kamu me-restart Print Spooler Service, semua dokumen dalam antrian kamu segera dikirim ke printer. Dan dokumen kamu akan mulai diprint apabila semuanya berjalan dengan baik.


Please Wait!

Please wait... it will take a second!