Frequently Asked Question

Mengapa komputer/laptop saya mengalami Blue Screen?
Last Updated 2 years ago

Blue Screen atau Blue Screen of Death (BSoD) pada laptop dan komputer terjadi ketika sistem operasi Windows mengalami kesalahan (error) sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan (stop).

Berikut ada beberapa cara mengatasi penyebab Blue Screen pada laptop maupun komputer yang bisa dilakukan yang diantaranya:

1. System Restore

Jika Blue Screen baru saja terjadi pada laptop atau komputer maka sebaiknya digunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat laptop maupun komputer kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software. Namun salah satu resikonya adalah kehilangan data-data pada laptop atau komputer karena tidak sempat melakukan backup.

2. Scan Malware

Hal selanjutnya yaitu melakukan scan Malware. Hal ini dikarenakan Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware, namun tidak dengan sembarang antivirus.

3. Install Update Driver

Ketika memasang driver dan tidak sukses maka tidak dapat diperbarui secara otomatis. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab Blue Screen. Maka dari itu sebaiknya driver terbaru diunduh langsung dari perusahaan hardware laptop atau komputer. Hal ini mungkin akan memperbaiki masalah BSOD.

4. Boot ke Safe Mode

Jika kompute mengalami BSOD ketika dinyalakan, maka coba masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika sebelumnya terdapat kesalahan dalam menginstall driver yang menyebabkan BSOD, maka dapat melakukan uninstall dalam Safe Mode.

5. Periksa Masalah Hardware

Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari laptop. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin laptop terlalu panas dan kekurangan fan.

6. Install Ulang Windows

Pilihan terakhir yang dapat dilakukan adalah menginstall ulang komputer/laptop. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika komputer/laptop tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.


Please Wait!

Please wait... it will take a second!